Apr 14, 2014

Prosedur dan Fungsi dalam Pascal

Prosedur dan Fungsi dalam Pascal

Prosedur

Prosedur adalah suatu program terpisahdalam blok sendiriyang berfungsi sebagai sub program (program bagian). Prosedur diawali dengan kata reserved (cadangan) prosedur didalam bagian deklarasi. Prosedur dipanggil dan digunakan disdalam program yang lainnya dengan menyebutkan judul prosedurnya.

Prosedur banyak digunakan pada program terstruktur karena :
1. Merupakan penerapan konsep program modular, yaitu memecah-mecah program yang rumit menjadi program-program bagian yang lebih sederhana dalam bentuk prosedur-prosedur.

2. Untuk hal-hal yang sering dilakukan berulang-ulang, cukup dituliskan sekali saja dalam prosedur dan dapat dipanggil atau dipergunakan sewaktu-waktu bila diperlukan.

Contoh
Prosedur garis;
begin
writeln ('.......');
end;
begin
garis;
writeln ('Turbo Pascal');
garis;
end.
tampilan
....................
Turbo Pascal
....................
Nilai di dalam suatu modul program Pascal sifatnya adalah lokal, artinya hanya dapat digunakan pada modul atau unit program yang bersangkutan saja, tidak dapat digunakan pada modul atau unit program yang lainnya.
Sebaliknya, agar dapat digunakan olehseluruh modul maka variabel harus dideklarasikan secara global, yaitu dideklarasikan diluar modul program.

Fungsi
Blok fungsi hampir sama dengan blok prosedur, hanya saja fungsi dapat mengembalikan nilai dari tipe yang dideklarasikannya.
Contoh :
Function hitung (var A,B : integer) : integer;
begin
hitung := A+B;
end;
var
x,y : integer;
begin
write ('Nilai X = '); readln (X);
write ('Nilai Y = '); readln (Y);
writeln;
writeln (X,'+',Y,'=',hitung (X,Y));
end.
Tampilan
Nilai X = 2
Nilai Y = 9
2 + 9 = 11

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Prosedur dan Fungsi dalam Pascal